Tak mudah untuk terus maju dan berbagi sukacita di tengah hiruk pikuknya negara tetangga kita, Singapura. Namun dengan kasih Tuhan, semua dimampukan.

PERJALANAN 14 TAHUN

“The steadfast Love of the Lord Never Ceases, Tak Berkesudahan Kasih Setia Tuhan”, adalah tema Ulang Tahun KTM Singapura yang ke 14, 20 September 2015, yang juga merupakan tema Retret Awal yang baru saja diadakan oleh KTM Singapura pada tanggal 19-20 September 2015. Ulang Tahun KTM Singapura ke 14, dirayakan bersama-sama dengan para peserta retret dan seluruh anggota komunitas dalam misa syukur bersama Romo Valen, CSE.

Tahun 2015 adalah tahun yang penuh berkat bagi KTM Singapura dengan tercapainya tujuan yang cukup penting: Pertama,  terbentuknya Tim Evangelisasi di bulan Maret 2015 setelah mengikuti pembinaan khusus untuk pengajar selama 5 hari penuh. Pembinaan ini diberikan oleh para mentor dari Tim Pasus Jakarta dan Bandung dan juga didampingi oleh Romo Gabriel, CSE.  Kedua, mengadakan retret awal sendiri – dengan pengajar dari Tim Evangelisasi KTM Singapura yang baru terbentuk didampingi oleh Romo Valen, CSE. Retreat ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh 80 peserta. Sebagian besar peserta adalah anggota baru KTM Singapura yang belum pernah mengikuti retret awal dan sebagian kecil dari Komunitas Indonesia lain di Singapura dan juga sebagian peserta datang dari Batam dan Johor Bahru (Malaysia).

Sekilas balik sejarah perjalanan 14 tahun KTM Singapura sejak berdiri di tahun 2001, didirikan dengan 3 sel atau satu wilayah. Pada tahun 2009 KTM Singapura menjadi Distrik dengan 4 wilayah, termasuk 1 wilayah di Johor Bahru, terdiri dari 8 Sel di Singapura dan 2 Sel di Johor Bahru. Tahun 2015 jumlah Sel di Singapura adalah 13 Sel dengan anggota kurang lebih 160 orang. Terdapat 1 buah sel yang mengadakan pertemuan selnya dalam Bahasa Inggris. Spiritual Director (Romo Pendamping) KTM Singapura sekarang adalah  Fr Thomas Curran, OCD.

Rahmat Tuhan senantiasa menyertai 14 tahun perjalanan KTM Singapura, tak berkesudahan kasih setiaNya. Tantangan dan hambatan dari internal dan external komunitas selalu ada, hanya karena anugerahNya kami masih diberi kekuatan, sukacita dan semangat untuk bertumbuh dan melayani bersama-sama. Terima kasih atas bimbingan para Suster Putri Karmel, Romo CSE, Tim Gembala dan DPU sepanjang 14 tahun ini.

2013-HUT 12

2013-PPRA 3

2014-Retreat KTM LK

KASIH TUHAN MELEBIHI SEGALA TANTANGAN

Kesibukan para anggota sebagai pelajar, karyawan,  atau ibu rumah tangga di Singapura adalah satu tantangan bagi beberapa sel, misalnya sel yang mayoritas adalah pelajar, akan kosong selnya kalo lagi waktunya ujian atau liburan.  Kadang-kadang tempat untuk pertemuan sel juga menjadi kendala di beberapa sel, karena banyak yang nge-kost sehingga rumah mereka tidak bisa dipakai untuk pertemuan sel.

Negara Singapura terkenal dengan negara transit, membuat angka perputaran keluar masuk anggota cukup tinggi, banyak dari anggota KTM Singapura yang hanya sebentar saja ikut komunitas di sini, dan harus kembali ke tanah air entah karena studi selesai, atau untuk bekerja, bisnis ataupun alasan yang lainnya.

Satu kenyataan bahwa kita yang ada di merantau di negara orang rata-rata jauh dari keluarga, dan komunitas adalah keluarga yang terdekat. Kasih persaudaraan adalah kekuatan terbesar dalam komunitas yang mengalahkan segala halangan dan tantangan yang ada.

Dengan berbekal semangat dari Sidares di tahun 2014 dan kemudian juga Rapat Kerja KTM di awal 2015, pembinaan intensif untuk semua anggota mulai digalakkan  dengan mengikuti dan mengadakan program pembinaan yang sudah tersedia di KTM sendiri dan juga searah dengan program-program dari Keuskupan Singapura:

  • Pengajaran yang terprogram di sel, wilayah dan distrik
  • Pelatihan untuk para pelayan sel
  • PPRA 1
  • Pembinaan untuk para pengajar (Pasus)
  • Retret tahunan untuk anggota KTM Singapura
  • Pembinaan untuk para sel keluarga

Banyaknya pasangan muda dan bayi yang lahir menjadi tantangan baru buat KTM  Singapura untuk memberikan pembinaan buat para keluarga baru ini dan juga merintis untuk membentuk KTM Kids /pembinaan untuk anak-anak kecil.

Seiring dengan pembinaan yang dilakukan, pelayanan keluar juga sedang dirintis oleh KTM Singapura antara lain mengadakan adorasi tiap bulan yang juga menjadi tempat pembinaan anggota untuk pelayanan adorasi. Pelayanan Retret Awal dan Penyembuhan Luka Batin akan menjadi agenda tahunan pelayanan KTM Singapura di tahun-tahun mendatang.

Program-program dari DPU dan juga program dari keuskupan setempat, menjadi acuan dalam membuat program kerja pembinaan kepada anggota dan pelayanan keluar. Perjalanan KTM Singapura masih panjang dan belum tentu mudah, namun satu hal yang pasti:

Tak berkesudahan Kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya. Selalu baru tiap pagi. (Ratapan 3:22-23)

Oleh: Sariwana Liu, Pelayan Distrik KTM Singapura

 

2015-Retreat Intergenerasi

2014-Retreat Discernment

2013-Rekoleksi 2

admin