Yang tidak boleh hilang dalam memaknai kemerdekaan adalah rasa cinta tanah air kita sebagai warga negara Indonesia.

Kemerdekaan adalah kebebasan untuk merdeka. kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan, namun menjadi awal bagi perjuangan untuk memerdekakan rakyat Indonesia, terutama dari keterbelakangan.

Yang tidak boleh hilang dalam memaknai kemerdekaan adalah rasa cinta tanah air kita sebagai warga negara Indonesia.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2014, Indonesia genap berusia 69 tahun.
Mensyukuri kemerdekaan yang telah kita raih merupakan sesuatu yang patut dilakukan, sebagaimana dilakukan para anggota KTM di Wilayah III MM Jakarta yang memaknai kemerdekaan dengan mengadakan lomba foto per sel.
Sel Teresa Avila contohnya, sebagai pemenang pertama lomba foto tersebut yang mengambil judul “Together We Aspire, Together We Achieve”.
Dengan berlatar belakang ide dari superhero seperti Hulk, Spiderman dan lain-lain, dimana setiap superhero memiliki Ketangkasan, keakuratan, dan kekuatan yang berbeda-beda. Dengan kata lain, mereka memiliki super power masing-masing dan mengakui kekurangan diri sendiri dan menghargai kelebihan lawan. Demikian pula dengan kehidupan di dalam komunitas sel, dimana diperlukan sikap untuk dapat menerima diri sendiri, menghargai orang lain, memotivasi dan memperbaiki diri menuju level hidup yang lebih tinggi .

Berbeda dengan sel Maria sebagai pemenang kedua dalam lomba foto ini, yang memaknai kemerdekaan dengan mengadakan kunjungan ke kota tua dengan mengambil tema “Footprints of the Past”, diawali dengan misa di gereja St. Maria de Fatima, dilanjutkan dengan mengunjungi museum Bahari yang mengingatkan perjuangan para nenek moyang dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Begitu besar perjuangan para nenek moyang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Let’s live today to the fullest and be a blessing to the nation!

Pemenang ketiga oleh Sel Fransiskus Xaverius yang mengangkat kisah hidup Fransiskus Xaverius sebagai missioner yang penuh iman, mereka mengisi kemerdekaan dengan cara membagikan kasih dengan membentuk sel baru di Wilayah Jakarta Timur di Gereja St. Yoseph Matraman. Bravo!!! Semoga makin bertumbuh dan berkembang.

monica rivandie