Puji Tuhan semuanya berjalan dengan lancar meski dengan berbagai kekurangan dan Tuhan menyediakan semuanya tepat pada waktunya

Frankfurt, Jerman – Pada tanggal 2 – 4 Januari 2015, KTM Jerman mengadakan Rekoleksi bersama dengan Romo Adrianus Adi Nugroho, MSF dan Suster Valentina, P.Karm. Rekoleksi singkat yang diadakan pada awal tahun ini diadakan di Frankfurt, Jerman. Tujuan dari rekoleksi ini ialah untuk memberi dasar kepada anggota-anggota sel dan mereka yang tertarik yang belum pernah mengikuti retret awal, untuk memperkenalkan komunitas lebih dalam lagi kepada mereka, bagaimana kuasa Roh Kudus bekerja secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya juga untuk mengisi kembali semangat para peserta yang sudah lama hidup berkomunitas di KTM melalui Misa, Adorasi dan Pencurahan Roh.

Tentunya tidak mudah untuk menjalani semuanya itu, ada banyak tantangan yang terjadi pada saat itu. Natalan berarti banyak kegiatan yang dilakukan, tentunya untuk merayakan juga sukacita yang besar dengan hadirnya Kristus di dunia ini. Suasana natal begitu berasa di benua Eropa ini, sehingga natal adalah waktu yang sangat berharga untuk berkumpul bersama keluarga. Namun muda-mudi yang berada di Jerman ini tidak mempunyai keluarga yang berada disini, maka pada saat itu para pelajar yang berjuang di negara ini merayakannya dengan berkumpul bersama-sama. Padatnya kegiatan disertai dinginnya cuaca bersalju membuat beberapa panitia jatuh sakit, yang kemudian mempengaruhi panitia yang lainnya. Ditambah lagi adanya kegiatan workshop selama tiga hari untuk para panitia retret yang akan diadakan pada bulan Maret nanti yang merupakan panitia untuk acara rekoleksi pada saat itu juga.

Pada saat rekoleksi itu sebagian besar dari panitia terkena diare yang disebabkan oleh sayur yang basi sehari sebelumnya, dimana mereka selalu setiap beberapa menit sekali harus pergi ke kamar kecil sehingga kondisi badan lemas dan menyiapkan oralit darurat. Namun melewati rintangan dan tantangan ini para panitia tidak menyerah begitu saja. Puji Tuhan semuanya berjalan dengan lancar meski dengan berbagai kekurangan dan Tuhan menyediakan semuanya tepat pada waktunya. Bahkan beberapa panitia baru pertama kali terjun untuk membawakan penjelasan, Lectio Devina, Doa Yesus, dan lainnya setelah workshop beberapa hari sebelumnya, namun Tuhan sungguh bekerja dan berkarya melalui mereka.

Syukur kepada Allah sebab para peserta pun pulang dengan membawa semangat yang baru dan kerinduan yang lebih mendalam untuk mengenal Tuhan. Tuhan memberkati!

(Oleh : Stephen Ratuwongo – KTM MM Jerman)

IMG-20150205-WA0000 IMG-20150205-WA0006 IMG-20150205-WA0004 IMG-20150205-WA0002IMG-20150205-WA0005

admin