Kami belajar banyak mengenai pribadi kami masing-masing, terutama mengenali kelemahan-kelemahan diri, serta lebih memaknai pertobatan sejati

Bongkibulgelimama- 7 dosa pokok yang dirangkum dalam 1 kata, dijelaskan secara mendetail dalam retret mengatasi kelemahan yang diadakan pada tanggal 26-29 Maret 2015 oleh KTM Jerman. Dengan rahmat Tuhan dan tentu karena banyak bimbingan dari Sr. Valentina, P. Karm; Sr. Eusebia, P. Karm dan Rm. Elisa, CSE yang kami “terbangkan” dari Italia khusus untuk retret ini, semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Retret yang berjudul “Have my heart God, have it all” ini adalah retret pertama yang kami adakan setelah KTM Jerman terbentuk 1,5 tahun yang lalu. Salah satu dari tujuan retret ini adalah meningkatan kualitas rohani secara pribadi sebagai anggota KTM sehingga dengan bantuan Roh Kudus kami semakin terpanggil untuk melayani, terutama untuk pelayanan di dalam komunitas. Maka dari itu, sebagian besar dari peserta retret adalah para anggota sel dewasa dan muda-mudi KTM Jerman sendiri, serta beberapa simpatisan KTM. Di dalam retret yang berlangsung di Bad Dürkheim ini, kami belajar banyak mengenai pribadi kami masing-masing, terutama mengenali kelemahan-kelemahan diri, serta lebih memaknai pertobatan sejati melalui banyak sesi yang dibawakan suster dan romo, adorasi dan misa harian, sesi pertobatan dan juga persekutuan doa. Tanpa kami sadari, retret yang berlangsung pada masa Prapaskah ini mempersiapkan iman kami juga agar bisa menghayati makna Paskah lebih dalam lagi sebagai pribadi yang telah lahir baru.

Rangkaian retret kami ditutup dengan misa Minggu Palma serta makan siang, yang menunya disesuaikan dengan cita rasa asia kami oleh para koki Jerman di rumah retret itu. Dengan demikian berakhirlah rangkaian retret KTM Jerman 2015 dan semoga tulisan singkat ini bisa menyenangkan hati para KTM-ers di luar sana.

 

Salam kasih – mit herzlichen Grüßen,

Team Retret KTM Jermanimage1 (1)

admin