Penulis teringat kembali yel – yel yang diperkenalkan pada saat rapat kerja KTM di awal tahun 2015 “ KTM, Berbagi Sukacita”.

Yel yel tersebut terasa menjadi lebih nyata bagi KTM Singapura dengan adanya kesempatan untuk membawakan Retret Awal untuk kedua kalinya. Pelayanan retret ini memang sudah dirindukan oleh KTM Singapura dan sejak tahun 2014 sudah dilakukan persiapan seperti mengadakan Program Pembinaan Rasul Awam (PPRA)  dan Pembinaan Khusus  (Pasus) untuk para pengajar .

Pelayanan Retret Awal dengan tema “Tak Berkesudahan Kasih Setia Tuhan” diadakan di Majodi Centre, Johor Bahru – Malaysia pada tanggal 22-24 Juli 2016, jumlah peserta sebanyak 170 orang terdiri dari  muda-mudi dan dewasa.  Juga ikut hadir 30 lebih anak-anak yang dipisahkan dari orang tuanya dan dibuat sesi khusus oleh panitia setempat. Retret ini dibuka dan ditutup dengan perayaan ekaristi yang dibawakan oleh uskup Johor-Melaka Mgr Bernard Paul. Tim KTM Singapura yang berjumlah 13 orang dan juga panitia dari Johor  didoakan satu persatu dan mendapat berkat perutusan dari Uskup Bernard Paul pada misa pembukaan.

Umat di keuskupan Johor –Melaka pada umumnya sangat merindukan adanya retret seperti ini diadakan di Johor, karena itu adanya retret ini di sambut antuasias oleh panitia Johor dan umat sekeuskupan. Peserta datang dari berbagai daerah, seperti  Kuala Lumpur, Melaka, Muar, Kluang, Pengerang dan yang terbanyak adalah peserta dari Johor Bahru.

Cerita, kesaksian/sharing, ilustrasi, dan multimedia seperti video, gambar-gambar yang dipakai oleh para pengajar ditiap sesi sangat membantu para peserta untuk lebih menghayati dan menghidupi topik dari tiap sesi tersebut. Kebanyakan para peserta  yang hadir merasa diberkati dengan kesaksian/sharing dari para pengajar.

Dipuncak acara mereka boleh mengalami Kasih Tuhan lewat Pencurahan Roh Kudus yang dipimpin oleh Fr Christopher dari Keuskupan Johor. Di akhir acara retret, para peserta  bersukacita dan merindukan untuk mengenal dan lebih dekat lagi kepada Tuhan. Kebersamaan dan rasa persaudaraan pun tercipta antara pengajar, panitia dan peserta. Semoga para peserta dapat menjadi lilin-lilin kecil bagi orang – orang disekitarnya, membagikan sukacita yang telah mereka peroleh dari retret tersebut.

KTM, berbagi sukacita!

Penulis: SL & FI

 

Foto 1

Foto 4

Foto 4.1

Foto 5

Foto 2

Foto 2.1

admin