MENCARI JODOH YANG SEIMAN DARI TUHAN

“Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia. (1 Kor 2:9)

Tujuan :

a. Anggota KTM Muda Mudi, bisa mendapatkan jodoh yang seiman dan dari Tuhan.
b. Anggota KTM Muda Mudi, tidak khawatir akan “Jodoh” nya.
c. Anggota KTM Muda Mudi, bisa mengenal “jodoh” nya dari Tuhan.

Seorang wanita, sangat khawatir dengan umurnya yang sudah hampir memasuki “kepala 3” alias berumur 28 tahun. Tetapi bukan hanya karena umurnya yang ‘menua’ yang membuatnya khawatir, tapi lebih kepada; karena dia belum mempunyai “pacar.” Dia kemudian berdoa novena. 9 hari pertama belum ada tanda-tanda. Lanjut dengan novena putaran kedua. Lalu ketiga, dan keempat sampai hampir setahun dia novena, tapi tidak ada seorang pemuda pun yang bisa dijadikannya seorang pacar. Sampai suatu saat dia menjadi sangat putus asa dan tidak mau berdoa lagi. Diambilnya pot bunga yang menghiasi meja kecil dalam kamarnya di mana biasa dia berdoa novena, kemudian dibuangnya keluar dari jendela kamarnya yang berada di lantai dua. Tiba tiba dari arah luar jendela terdengar suara teriakan “Aduh!” dengan segera dia melihat kebawah dari jendelanya. Ternyata ada seseorang yang kepalanya terkena pot bunga tadi. Dengan cepat dia berlari ke bawah dan membantu pemuda itu. Dan endingnya, pemuda itu menjadi pasangan hidupnya.

Semua orang percaya mendambakan Pasangan hidup dari Tuhan, tapi sedikit sekali yang akhirnya berhasil mendapatkannya. Kenapa begitu? Salah satu sebabnya adalah karena konsep pasangan hidup dari Tuhan itu lebih sering membingungkan daripada memberi kejelasan.

Dalam suatu kesempatan, Sr. Maria Vianney P.Karm mengatakan kurang lebih demikian, “ Kalau kamu ingin mencari pasangan hidup, minta sama Tuhan. Harus jelas, apakah matanya besar atau “sipit” kulitnya putih atau hitam, rambutnya lurus atau keriting, badannya tinggi atau pendek.” Sehingga ketika Tuhan memberikannya, kamu tahu bahwa itu dari Tuhan, karena kamu yang memintanya. Dan tanpa kamu sadari biasanya Tuhan sendiri yang meng”inspirasi”kan apa yang harus kamu doakan sehingga ketika kamu menerimanya, maka akan ada ucapan syukur begitu besar dan berbinar binar ketika menerimanya karena kamu yang memintanya. Seperti kata Santo Paulus; semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.

5 langkah mendapatkan jodoh yang dari Tuhan.

  1. Berkumpullah dengan sebanyak mungkin kelompok orang muda katolik. (di kampus, gereja, kegiatan kerohanian, kelompok sel, dll)
  2. Mulailah berdoa seperti yang diajarkan Yesus sendiri (bisa juga ikuti apa yang dikatakan suster di atas dengan tidak berusaha mendikte Tuhan). Tekun dan setia berdoa karena Tuhan memperhitungkannya.
  3. Aktif melayani bersama komunitas.
  4. Percaya bahwa Tuhan sudah menyediakan jodohmu, kamu hanya perlu menemukannya, jangan terlalu ‘ngoyo’ mencarinya karena bila tiba waktunya maka Tuhan sendiri yang akan mempertemukan kalian.
  5. Hormati orang tuamu, karena lewat mereka Tuhan berbicara. Dan doa-doa mereka akan lebih mempercepat jalanmu bertemu dengan jodohmu.

Tuhan tak pernah berdusta. Dia slalu pegang janjiNya. Bagi orang percaya, mukjizat nyata. Waktu Tuhan bukan waktu kita. Jangan menunggu, untuk berdoa mohon pasangan hidup yang tepat. Mulailah secepatnya. Bukan karena umurmu mulai menua sehingga perlu berdoa, atau umurmu masih terlalu muda sehingga belum perlu berdoa. Jangan berpikir bahwa Tuhan sudah menyediakan jodoh buatmu lalu masa bodoh. Helooouww… Tuhan butuh kerjasama darimu. Mintalah, carilah, ketuklah….dan kamu akan menerimanya.

Pedoman Hidup KTM no. 103:

Seperti yang disabdakan Tuhan, pakailah sebagian dari hartamu untuk melakukan pekerjaan yang berkenan kepada Tuhan, seperti sabda-Nya: “Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi.” Pedoman Hidup KTM-41-(Luk. 16:9). Hal itu dapat engkau lakukan dengan membantu para yatim piatu, orang-orang miskin, dan karyakarya sosial lainnya serta karya-karya Gereja.

Bahan sharing :

  1. Apakah kamu sudah berdoa pada Tuhan mohon pasangan hidup yang tepat?
  2. Apakah pacar mu sekarang (bila ada) itu adalah jodoh dari Tuhan?
  3. Apakah mungkin jodoh yang berasal dari Tuhan untukmu, beragama lain? Apakah kamu akan pindah mengikuti agamanya?

admin