Makna Kelahiran Yesus Kristus

Allah yang mewahyukan diri-Nya secara sempurna

Perjanjian Lama berbicara tentang Allah yang menyatakan diriNya kepada manusia. Allah menghendaki agar Ia dikenal oleh semua orang. Orang-orang tidak lagi melihat Allah sebagai pribadi yang tersembunyi yang jauh dari jangkauan. Maka, secara bertahap Allah menyatakan diriNya. Mula-mula Ia menyatakan diri sebagai YHWH, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Melalui perjanjian lama, Allah menunjukkan bahwa Ia adalah Allah yang setia, walaupun umat manusia berkali–kali jatuh dalam dosa.

Nabi-nabi jaman dahulu menyuarakan pesan Allah bahwa akan tiba waktunya ketika Allah mengikat perjanjian yang lebih bersifat kekal. Ia akan mengikat perjanjian yang mampu menyelamatkan semua orang tanpa terkecuali dan Ia akan membagikan cintaNya yang terbesar untuk kita semua.

Didasari atas itulah, Allah turun ke dunia, menjelma menjadi manusia untuk secara langsung hadir dan menyelamatkan kita semua dari dosa. Yesus adalah sang sabda yang menjelma, Ia hadir sebagai bentuk citra Allah yang paling terlihat. Yesus adalah gambaran dari Allah yang tidak dapat kita lihat sebelumnya.

Kurang lebih, ada 3 hal yang dapat kita maknai dengan kelahiran Yesus, yaitu:

1. Belajar menyelami kasih Allah

 

Dalam proses untuk menyelamatkan umat manusia, Allah dapat melakukan berbagai macam cara untuk menolong kita, namun Ia justru memilih cara yang paling luar biasa yaitu menjadi manusia untuk menolong kita. Yesus hadir dengan menyatakan tingkatan cinta terdalam ketika Ia berkata “Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan hidupnya bagi sahabat-sahabatnya.”

Jadi hal pertama yang perlu kita sadari adalah bahwa Ia memberikan putraNya yang tunggal untuk menyelamatkan kita karena kasihNya sungguh besar untuk kita.

2. Belajar beriman kepada Allah

Dahulu kita mungkin sulit untuk melihat iman kita, karena kita hanya mengetahui bahwa Allah hadir, tapi kita tak melihat Allah secara nyata. Dengan lahirnya Yesus ke dunia, Allah mewahyukan diri-Nya dan menunjukkan bahwa Dia sungguh-sungguh hadir. Malaikat mengatakan bahwa Ia akan disebut Immanuel yaitu “Allah menyertai kita.”

Kita akan lebih mudah percaya jika kita bisa melihat orang yang kita lihat dan perbuatan-perbuatannya. Maka kehadiran Yesus dan tindakannya mampu membuat kita menyadari kekuatan iman kita sendiri. Kita menemukan rumusan iman kita dengan lebih lengkap karena Yesus hadir di dunia.

Dalam perjalananNya mewartakan Kerajaan Alalh, Yesus menunjukkan peran iman sangat besar untuk menapatkan pertolonganNya. Perkataan Yesus yaitu “Pergilah, Imanmu telah menyelamatkan engkau” adalah salah satu bukti nyata bahwa iman ini adalah tanda nyata rahmat yang kita dapatkan.

3. Belajar untuk mengetahui tujuan kita hidup

Disini, kita belajar untuk mengerti secara baru mengapa kita diciptakan di dunia ini, dan apakah tujuan hidup kita. Yesus Kristus lahir ke dunia, berinteraksi dengan kita dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa Ia membawa Kerajaan Allah ke dunia. Kerajaan Allah ini diwujudkan dengan berbagai tanda yang mendatangkan keselamatan. Orang-orang sakit disembuhkan, orang-orang yang kerasukan roh jahat dipulihkan, orang mati dibangkitkan, orang-orang tersingkir mendapatkan tempat.

Yesus mengajarkan juga bahwa tujuan kita hidup didunia ini dengan baik supaya kita bisa bersatu dengan Allah di kemudian hari dengan sikap hidup yang tepat. Berkali -kali dan dalam banyak kesempatan Yesus mengajak kita untuk menyelami tentang kehidupan kekal, tentang penghakiman dan tentang persatuan dengan Allah.

SHARING

  1. Apakah arti kelahiran Yesus dalam hidupmu ?
  2. Bagaimana anda dapat menghayati kelahiran dan kehadiran Yesus dalam hidup anda saat ini.

admin